Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Fakultas Syariah Adakan Studi Lapangan Ke Mahkamah Agung

Fasya Media Center – Dalam rangka menunjang kompetensi mahasiswa, Fakultas Syariah IAIN Ponorogo mengadakan Studi Lapangan ke Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA). Kunjungan yang diikuti oleh 44 mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) dan 5 Dosen Pendamping tersebut dilaksanakan pada Kamis, 11 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan Fakultas Syariah IAIN Ponorogo yang dipimpin langsung oleh Dekan, Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I., disambut oleh Ketua Kamar Agama, Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., di Aula Pertemuan Lantai 2 Gedung Mahkamah Agung Republik Indonesia yang terletak di Jl. Medan Merdeka Utara No. 9-13, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Ibu Rofi’, sapaan akrab Dekan Fakultas Syariah, menyampaikan terima kasih atas kesediaan dan sambutan yang luar biasa dari pihak MA. Beliau menuturkan bahwa kedatangan tim rombongan ke Jakarta adalah untuk menjalin silaturahmi sekaligus belajar langsung tentang lembaga yudikatif tertinggi di Indonesia, yakni Mahkamah Agung.

“Kami datang membawa mahasiswa Jurusan HTN untuk belajar lebih dalam tentang seluk beluk MA. Mohon nanti anak-anak kami diberikan ilmu dan motivasi agar semangat menjalani perkuliahan”, tutur beliau.

Pada kesempatan kali ini, Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum menyampaikan materi dengan tema “Sinergitas Mahkamah Agung dan Perguruan Tinggi Islam dalam Mencetak Sarjana Berintegritas di Era Society 5.0”. Selama kurang lebih 1 Jam beliau menyampaikan ceramah tentang kewenangan MA dan seluk beluk mengenai lembaga kehakiman. Dengan gayanya yang khas dan sesekali diselingi candaan, beliau mampu membuat suasana kunjungan studi ini menjadi menarik dan tidak membosankan.

“MA merupakan lembaga peradilan tertinggi yang membawahi 4 badan peradilan, yakni Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Kalian sebagai mahasiswa HTN, nanti akan berkecimpung di salah satu badan peradilan tersebut. Yang penting saat ini giat belajar, selalu menghormati dan mematuhi orang tua serta gurumu, InsyaAllah akan menjadi calon-calon hakim dan praktisi hukum”, pungkas beliau.

Dipandu oleh Firman Wahyudi, S.H.I., M.H., hakim yang saat ini menjadi Staff Khusus kamar Agama Mahkamah Agung, acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Terlihat beberapa mahasiswa HTN Fakultas Syariah IAIN Ponorogo aktif bertanya mengenai materi yang telah disampaikan oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung tersebut.

Selanjutnya, rombongan diajak mengunjungi Museum Mahkamah Agung yang lengkap dan sangat edukatif. Rombongan dipersilahkan menyaksikan Film Dokumenter Sejarah MA di ruang bioskop dan selanjutnya dipandu melihat koleksi museum yang semua serba digital dan modern.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Perpustakaan Mahkamah Agung yang terletak di Lantai 4. Kemudian diakhiri dengan foto bersama di depan Gedung Mahkamah Agung.

Semoga kunjungan yang bertajuk studi lapangan ini membawa manfaat bagi Fakultas Syariah IAIN Ponorogo, khususnya bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan memperkuat kompetensi tentang lembaga kekuasaan kehakiman.

Bagikan Artikel
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp